Hutan Mangrove

HUTAN

MANGROVE

The Jewelery Of Wonorejo

Sebuah pemandangan menarik berupa hutan mangrove dapat Anda saksikan, saat anda menuju muara sungai kali jagir dari bozem wonorejo – Rungkut Surabaya. Inilah kawasan konservasi yang menawarkan konsep wisata ramah lingkungan

Foto-1

Jika Anda seorang yang mencintai alam terbuka, Ekowisata Hutan Mangrove . Disurabaya tepatnya di kelurahan Wonorejo Rungkut Surabaya, patut untuk dikunjungi. Karena tempat ini menawarkan kesempatan bagi anda untuk menikmati kehidupan hutan mangrove yang menarik. Berjalan-jalan melalui jalan setapak yang berada diatas air dan menikmati hijaunya  pemandangan hutan mangrove, sekaligus dapat belajar manfaat hutan mangrove bagi kehidupan manusia. Selain itu anda dapat didampingi guide yang menjelaskan pengetahuan yang menarik seputar ekosistem mangrove.Mulai dari penanaman  serta pemeliharaan.

EKOWISATA MANGROVE WONOREJO RUNGKUT diprakarsai oleh camat rungkut, lurah wonorejo  berserta FKPM Nirwana eksekutif   serta di sahkan dengan  Keputusan Lurah Wonorejo nomor : 556/157/436.11.15.5/2009 tanggal 1 Juli  2009, dan  dikukuhkan oleh walikota surabaya Drs. bambang DH pada tgl 9 Agusutus 2009 bersamaan dengan peresmian gazebo mangrove, serta  pengelolaan diserahkan ke masyarakat wonorejo dan sekitarnya.

Pengukuhan Ekowisata

Pengukuhan Pos Pantau Dan Lembaga Ekowisata Mangrove Wonorejo

GAZEBO MANGROVE

GAZEBO MANGROVE

EKOWISATA-2

LOKASI PEMECAH GELOMBANG AREA PENANAMAN ROTARY CLUB

Dengan misi pada awalnya untuk mengembalikan hutan mangrove akibat penebangan liar. Selama perjalanan, misi  ini berkembang menjadi ekowisata. Konsep ekowisata hutan mangrove wonorejo,  disamping menjaga dan mengembalikan hutan mangrove, juga ada pendidikan, pelatihan dan pengelolaan hutan mangrove yang berkesinambungan. Lembaga Ekowisata Hutan Mangrove melakukan usaha-usaha konservasi terhadap hutan mangrove, bekerja sama dengan kepolisian dalam hal mencegah penebangan liar dan pengerusakan di kawasan konservasi serta membangun fasilitas-fasilitas untuk kegiatan wisata. Selain itu Lembaga  Ekowisata juga berfungsi sebagai sumber informasi mengenai ekosistem  hutan mangrove.

Terletak di sebelah timur kota Surabaya, tepatnya didesa wonorejo kotamadya Surabaya. Dapat dijangkau dengan mudah dengan kendaraan roda dua, pribadi maupun angkutan  umum, untuk informasi dapat menghubungi sekretariat Jl. Wonorejo N0.1 Rungkut-Surabaya.

Sesuai tujuannya yakni pengelolaan hutan mangrove yang berkelanjutan.MICW menawarkan suatu bentuk kegiatan wisata yang tetap memperhatikan kelestarian hutan mangrove berserta flora dan fauna yang terdapat di hutan mangrove wonorejo,  atau yang lazim disebut EKOWISATA yaitu suatu bentuk kegiatan wisata yang Ramah Lingkungan dan Bertanggung Jawab.

PENANAMAN HARI LINGKUNGAN HIDUP

Hari Lingkungan Hidup (Kombespol Ronni.F.Sompie)

PENANAMAN LAIN

Penanaman Lain

rotary

Delegasi Penanaman, Penelitian dan Penelitian

PERJALANAN LEWAT AIR

Untuk bisa menikmati pemandangan hutan ekosistem hutan mangrove dengan  cara yaitu : dengan perahu atau boat yang dapat disewa dari Lembaga Ekowosata. Dimana titik pemberangkatan baik lewat darat maupun air dari  bozem wonorejo. Selama Perjalanan anda akan melihat keindahaan alam wonorejo yang masih alami. Dalam arti bukan karena proses pembuatan, tapi keindahaan yang terproses dari alam.

Beberapa instansi  baik dari kepolisian, Yayasan pendidikan seperti : cita hati-SMP YPPI-2, Santa Maria, FISIP Unair serta dari luar seperti canada, belanda,            korea, dan dari departemen dinas kelautan yang diwakili oleh Ibu Annie Numberi,  pernah mengunjungi hutan mangrove wonorejo ini.

TAMU LOKAL LAINNYA

Hutan mangrove Wonorejo Memiliki kekayaan yang potensial. Lembaga survey YAPEKA dan yayasan kutilang yang pernah mensurvey kawasan ini. Berikut ini penyajian data dari beberapa lembaga survey. Hutan mangrove wonorejo mempunyai 15 spesies mangrove, 83 spesies burung, 7 spesies primata dan 53 spesies serangga. Flora dan Fauna yang ada di wonorejo adalah asli tidak di tambahkan atau didatangkan dari luar.

bubut_jawa_1 copy

cangak copy

monyet copy

Dengan berbagai jenis mangrove dan fauna yang menghuninya, akan sangat menarik untuk kegiatan penelitian atau hanya sekedar berjalan-jalan menikmati suasana hutan mangrove. Dengan berwisata di hutan mangrove, selain dapat merasakan suasana hutan mangrove. Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tentang ekosistem hutan mangrove, tentang flora dan fauna yang menghuninya dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Untuk dapat menjelajahi hutan ini anda akan ditemani oleh pemandu wisata yang sudah terlatih yang disediakan oleh managemen ekowisata , sehingga kegiatan wisata anda akan lebih maksimal. Untuk kepentingan pejelajahan ini, anda diharapkan membawa keperluan sendiri seperti air minum, payung untuk berteduh atau lainnya.

Dalam perjalanan menyusuri track atau air anda akan menemui pos pertama yang dibangun oleh FKPM Nirwana Eksekutif yang pada awalnya berfungsi sebagai pos pantau hutan mangrove, dan sebagai tempat bersinggah bagi para nelayan, penelitian dsbnya sekarang bertambah satu fungsi, sebagai pintu masuk Ekowisata.Disamping itu anda akan melihat hasil penanaman mangrove yang sudah dilakukan oleh masyarakat dan berbagai jenis mangrove yang tumbuh dalam blok-blok sesuai jenisnya. Anda akan menemui banyak papan informasi sekitar hutan mangrove atau  yang berisi himbauan untuk tidak merusak, baik mencoret-coret fasilitas atau membuang sampah sembarangan. Inilah yang merupakan wisata yang ramah lingkungan.

Didalam kawasan konservasi anda akan menemukan 2 tempat peristirahatan dari bambu yang kami namakan pos. Dan dikawasan ini perencanaan dari Lembaga Ekowisata akan dibangun 2 buah lagi dengan total 4 pos yang terhubung melalui jalan (Track) terbuat dari bambu. Anda akan berjalan diantara pohon mangrove.Di pos ini anda akan melepas lelah dan menikmati pemandangan hutan mangrove. Saksikan gerak gerik kepiting bercapit besar sebelah yang lucu. Kadang terlihat biawak, monyet dan ikan ‘glodok’.  Bagi anda yang hobi mancing, kawasan wisata  yang dikelilingi air ini menawarkan area pemancingan yang alami.

Untuk makanan khas (kuliner) warga desa wonorejo khususnya petani tambak akan menyiapkan bandeng lempung, sirup yang terbuat dari buah mangrove dan berbagai aneka makanan dari buah mangrove. Ada kerajinan batik dengan motif mangrove dengan berbagai corak yang menarik.

Tentu saja ini dapat menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan selain hanya jalan-jalan. FKPM-NE/JO

REFRENSI :

Album Foto : http://picasaweb.google.com/fkpmne

FKPM Nirwana Eksekutif : http://fkpmne.wordpress.com/

Untuk Informasi Hubungi :
Sekretariat Lembaga Ekowisata Hutan Mangrove-Wonorejo
Jl. Wonorejo No.1 – Rungkut-Surabaya-Jawa Timur
No. Telp : (031)-8796880-77775523
Email :wisatamangrove@gmail.com

LOGO gabung ekowisata

http://picasaweb.google.com/fkpmne

About these ads

One Response to “Hutan Mangrove”

  1. rendy Says:

    Wisata alam mangrove di wonorejo memang bagus sekali sih…kalau pengelolaannya ditangani lebih serius saya rasa bisa berkembang menjadi lokasi wisata andalan surabaya yg bisa dimanfaatkan untuk refreshing dari segala aktivitas kota.Salut untuk camat rungkut, lurah wonorejo beserta FKPM Nirwana eksekutif.
    Saran saya website ini dilengkapi informasi lebih akurat mengenai cara mencapai lokasi dan contact person yg incharge dan bisa memberi informasi. Faktor keamanan pengunjung jyga harus diperhatikan.
    Sekali lagi salut dan sukses terus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: